Kamis, 23 Februari 2012

SEJARAH PESANTREN ULIL ALBAB(PUA) MUNDUSAREN

pendiri PUA Bp. Ust. Drs. M. Mustafa
Kampung Mundusaren Sleman yang berada di sekitar kampus STTNAS, UPN, UII, , ATMAJAYA,IAIN SUKA, UGM dan kampus yang lainnya, menjadikan kampung Mundusaren sebagai salah satu tempat yang strategis buat membangun kos-kosan untuk para mahasiswa/I yang menuntut ilmu di yogyakarta.


Melihat semakin banyaknya para mahasiswa/I yang berasal dari luar yogyakarta menuntut ilmu dan ngekos di Mundusaren dan sekitarnya, menjadikan ladang untuk berdakwah terhadap para mahasiswa/I itu dan sekaligus untuk mengkader calon pemimpin masa depan yang mempunyai nilai plus dalam bidang agama. Itulah yang di pikirkan dan di cita-citakan oleh Bp. Ustadz Drs. Muhammad Mustofa.

Untuk merealisasikan cita-cita yang mulia tersebut maka Bp. Ustadz Drs. Muhammad Mustofa mulai membuka pengajian di rumahnya. Tempat pengajian pertama kalinya di ruang tamu dengan di ikuti oleh para mahasiswa/i dan penduduk sekitarnya. Dengan semakin banyaknya yang mengikuti pengajian tersebut, maka ruang tamu yang di sulap menjadi tempat mengaji itu lama kelamaan teras sesak sehingga perlu di pikirkan tempat yang agak lapang agar bisa menampung para jamaah yang mengikuti pengajian itu.

Akhirnya Bp. Ustadz Drs. Muhammad Mustafa dan dibantu oleh jamaah pengajian dan masyarkat sekitarnya mulai membangun tempat pengajian yang berlokasi di sebelah selatan tempat awal mengaji semula. Kemudian bangunan tersebut di namakan Pesantren Ulil Albab.

Hingga kini Pesantren Ulil Albab masih eksis mengadakan pengajian rutin tiap hari walapun Bp. Ustadz Drs. Muhammad Mustafa telah berpulang ke Rahmatullah. Untuk pengisi pengajian di lakukan oleh santri senior sepert Ust. Joko Prasojo, MT. Ust. Purtantiono dll. (Alfuad Gapuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar